Pemrograman JAVA
·
SEJARAH
Didirikan
oleh James Gosling pada bulan desember ’90. Bahasa ini pada awalnya disebut “OAK”
, nama Oak diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling, tapi
kemudian diubah menjadi “JAVA” pada tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan
hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya. Nama java diambil dari kopi murni yang digiling langsung
dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.
· MENGAPA BELAJAR JAVA ?
Karena java
memiliki karakteristik :
1. Sederhana
Java
menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga
menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
2. Berorientasi objek
Pemrograman
berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi
antar objek
3. Didistribusikan dengan mudah
Terdistribusi
dengan mudah dengan adanya libraries networking yang terintregasi pada java.
4. Interpreter
Menggunakan Java Virtual Machine (JVM) yang menyebabkan source code java
yang telah dikompilasi menjadi jaca bytecodes dapat dijalankan pada platform
yang berbeda-beda.
5. Robust
Java
mempunyai kemampuan mendeteksi eror secara lebih teliti
6. Aman
Memiliki
beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidakdigunakan untuk merusak
sistem komputer.
7. Architecture nuetral
Merupakan
platform independent.
8. Portabel
Source code
dapat dengan mudah dibawa ke platform lain tanpa dikompilasi ulang.
9. Permormance
Dapat
ditingkatkan menggunakan kompilasi java lain.
·
DASAR-DASAR
PEMROGRAMAN JAVA
1. Identifier
Nama
yang diberikan untuk variabel, class / method
o
Case sensitive
Huruf
besar dan kecil mempunyai arti berbeda meskipun hurufnya sama
o
Keyword (kata kunci) milik java
o
Tidak diawali dengan angka
2. Keyword
/ kata kunci
3. Tipe
data
Tipe data primitif
- Integer
(bilangan bulat) :
byte. Short,
int, long
- Floating
point (pecahan) :
float, double
- Karakter
tunggal :
char
- Tipe
data hanya memiliki 2 nilai true dan
false : boolen
Tipe data objek (refrensi)
Tipe
data yang dapat dibuat sendiri yang merefrensikan sebuah objek / class.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar