Rabu, 26 September 2012

Pemrograman JAVA

  Tidak ada komentar

·         SEJARAH
Didirikan oleh James Gosling pada bulan desember ’90. Bahasa ini pada awalnya disebut “OAK” , nama Oak diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja James Gosling, tapi kemudian diubah menjadi “JAVA” pada tahun 1995 karena nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan sebagai bahasa pemrograman lainnya. Nama java diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.


·           MENGAPA BELAJAR JAVA ?
Karena java memiliki karakteristik :
1.      Sederhana
Java menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic memory allocation dan memory garbage collection.
2.      Berorientasi objek
Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek
3.      Didistribusikan dengan mudah
Terdistribusi dengan mudah dengan adanya libraries networking yang terintregasi pada java.
4.      Interpreter
Menggunakan Java Virtual Machine (JVM) yang menyebabkan source code java yang telah dikompilasi menjadi jaca bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
5.      Robust
Java mempunyai kemampuan mendeteksi eror secara lebih teliti
6.      Aman
Memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidakdigunakan untuk merusak sistem komputer.
7.      Architecture nuetral
Merupakan platform independent.
8.      Portabel
Source code dapat dengan mudah dibawa ke platform lain tanpa dikompilasi ulang.
9.      Permormance
Dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi java lain.

·         DASAR-DASAR PEMROGRAMAN JAVA
1.      Identifier
Nama yang diberikan untuk variabel, class / method
o   Case sensitive
Huruf besar dan kecil mempunyai arti berbeda meskipun hurufnya sama
o   Keyword (kata kunci) milik java
o   Tidak diawali dengan angka
2.      Keyword / kata kunci
3.      Tipe data
 Tipe data primitif
-  Integer (bilangan bulat)                                    : byte. Short,
                                                                           int, long
- Floating point (pecahan)                                  : float, double
-  Karakter tunggal                                             : char
-  Tipe data  hanya memiliki 2 nilai true dan false : boolen
 Tipe data objek (refrensi)
Tipe data yang dapat dibuat sendiri yang merefrensikan sebuah objek / class.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar